Pages

Tuesday, November 10, 2009

Just add the salt..nyummy..

Makanan yang cukup sering dimasak di rumah: sop ayam. Tadi malem pun menu di meja makan juga sop ayam. Biasanya, kl udah ada makanan berkuah di rumah, misal soto ato sop ayam, hal pertama yang aku lakukan habis ngambil makanan ke piringku adalah ambil garam. Yup, derajat ”keasinan”ku sama penghuni rumah yang lain sedikit beda. Jadi...yaa..aku harus ambil garam supaya makanannya bisa enak di lidah. Setelah itu..sikaaat habiis.sluurrp..

Pake garam di dalem makanan, kayaknya bukan Cuma aku yang suka. Kebanyakan orang kalo masak, emang pake garam. Tapi pernah nggak waktu kita makan, terus kita bisa ngeliat butiran- butiran garam itu dalam makanan kita? Kayaknya enggak deh..bisa nggak kita bilang, ”eh iya, itu garamnya..keliatan y?” ato mungkin waktu kita makan, kita bilang ”hmm..garamnya enak” yang kerasa di lidah pastinya keseluruhan makanan yang lagi kita makan, dalam kasusku, aku Cuma bisa ngerasain sop ayam secara keseluruhannya.

Garam..”mempesona” orang – orang yang memakannya, tanpa perlu menjadi berlebihan.
Saat justru garam itu kebanyakan, cara yang mungkin dilakukan adalah dengan menambah kadar air, supaya mau nggak mau, garam itu dipaksa larut dalam air yang lebih banyak..
Garam..tidak pernah menjadi suatu benda yang tampak dan diutamakan, sekalipun ia memainkan peran ”penting” dalam makanan.
Sekalipun jumlahnya sedikit, berpengaruh pada keseluruhan makanan.

"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang”.

1 comment:

BeBe Gunawan said...

Garam.. makanan di rumahku udah anyepan juga loh.. tp kadang aku ga nambahin garem tp kecap asin gt, katae garam soale secara ilmiah "lebih jahat". Tapi gada ayat yg bilang "Kamu adalah kecap asin dunia.." yapa donk?? =P