Pages

Tuesday, August 31, 2010

Flashback ke Pacuan Kuda : Kuda dan Para Pawang

Me With Fanny Lesmana, M.Med.Kom
Me With Desi Yoanita, S.Sos

Twitter.. Facebook.. BBM, dan media online lain yang isinya anak – anak Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UK. Petra isinya tentang skripsi atau proposal skripsi. Ini berlaku pastinya untuk mahasiswa angkatan 2006 dan 2007.

Ada yang putus asa…

Ada yang santai – santai..

Ada yang tetap optimis..

Macem – macem deh. Proses dari proposal skripsi sampe skripsi memang rasanya kayak ngemut permen yang manis, asem, asin, sambil naik rollercoaster yang muter-muter nggak karuan, sambil cuacanya gentian panas-ujan. Yah, dibayangin sendiri aja hehe.. But believe me, someday you will recall this moment, smile, and say “I had passed it thru”.

Buat temen-temen, beberapa postingan bersambung tentang pacuan kuda mungkin bisa membantu kalian untuk tetap optimis. Secara garis besar, postingan itu isinya tentang perjalanan proposal skripsi, kerjaanku, sampe skripsi, dan akhirnya taraaa..aku udah menyelesaikan semua. Semuanya itu dalam waktu satu semester, bahkan skripsi dalam waktu satu bulan dari bab satu sampe lima.

Dalam postingan itu, aku mengandaikan aku adalah kuda, yang sedang berpacu di lintasan skripsi..dan Tuhan sebagai Pengendaraku. Aku sepenuhnya mempercayakan langkah kakiku pada Pengendaraku, dan tugasku adalah berlari sekuat tenagaku, mengikuti arahan-Nya, sambil menggunakan kacamata kuda.

Seperti cerita sebelumnya juga, ada dua pembimbingku: Fanny Lesmana (yang saat tulisan ini dibuat sudah bergelar M.Med.Kom :p) dan Desi Yoanita, S.Sos (Soon to be M.Med.Kom).

Tidak pernah habis rasa syukurku pada-Nya karena sudah memberikan dua pembimbing yang luar biasa. “Cerita Perjuangan” kami di pacuan kuda ada di cerita – cerita sebelumnya. Ada yang belum aku bahas, yaitu gimana ceritanya mendapatkan mereka sebagai pembimbing tuh seperti “impian yang jadi kenyataan” hahaha..

Latar belakang kedua dosen pembimbingku ini adalah komunikasi massa, khususnya jurnalistik. Sedangkan aku, berlatar belakang komunikasi korporat, yaitu Public Relations. Kalau dipikir-pikir, sampai kapanpun juga ‘nggak bakal ketemu. Aku pernah nyeletuk asal, duluuu jauh sebelum aku berkutat sama yang namanya proposal skripsi, entah kedua dosenku ini inget ato nggak..

“Kira-kira, judul skripsiku apa ya, biar dibimbimbing kak Fan sama Miss Desi?”

hehe.. yah,secara pribadi, memang kami dekat..dan, buat aku sendiri, aku udah anggep mereka kayak kakak-kakakku sendiri.

Seiring berjalannya waktu, Kak Fan (panggilanku untuk Fanny Lesmana, M.Med.Kom) nambah ngajar tentang komunikasi organisasi. Gitu juga sama MD (panggilanku untuk Desi Yoanita, S.Sos), yang akhirnya juga ngajar komunikasi interpersonal. Kalo’ dua matakuliah ini, baik anak komunikasi massa maupun anak komunikasi korporat pasti dapet. Jadi yah, bisa dibilang ini matakuliah core.

Akhirnya hari demi hari berlalu, bulan demi bulan, dan tibalah waktunya aku ngerjain proposal skripsi. Singkat cerita, setelah melalui berbagai macam proses, akhirnya ditetapkan judulku adalah “Komunikasi Interpersonal antara Human Resource Department dengan Karyawan dalam Penyampaian Kabar Buruk di RS. XYZ Surabaya”. Pada hari pengumuman nama dosen pembimbing, taraaa… lihatlah, dua nama dosen ini yang tercatat sebagai pembimbingku. See, mulutmu adalah doamu, dan Thx God karena udah mengabulkan doaku =)

Karena kepercayaan mereka, aku bisa mengumpulkan skripsi tanggal 24 Mei 2010.

Karena bantuan mereka aku berdiri di auditorium pada tanggal 6 Agustus 2010 sebagai salah satu wisudawan UK. Petra.

Karena kasih sayang dari mereka, penghargaan cumlaude aku dapatkan. Mungkin mereka nggak in charge dalam setiap matakuliah yang aku jalani, tapi dukungan dan inspirasi dari mereka yang ikut mewarnai hari-hariku selama empat tahun di Fikom UK. Petra.

Satu hal yang paling penting.. karena pengabdian mereka, bukan hanya aku yang diberkati, tapi juga anak-anak Fikom lainnya.

Thx kakak-kakakku tersayang…love you.

Pesan buat temen-temen yang lain:

Berpikir positif.. dengan begitu, kamu seperti menarik hal – hal positif untuk “mendekat” padamu.

2 comments:

Unknown said...

Jadi kudanya terpacu karena kudanya berpikiran positif kan? hahahaha....

Natasha said...

@felita : iyaa doong... kalo kudanya kagak mau percaya sama pawang n pengemudinya.. rusak sudah hahaha.. nantikan waktumu sayang hihihi