Pages

Tuesday, March 24, 2009

Another sweet experience..

taun lalu waktu pertama masuk ke semester ganjil di fikom..hmm it was quite shocking. Matakuliah nya “astaganaga”.. full 24 sks..yang aku inget, waktu minggu2 pertama masuk rasanya sudah shock. Hihihi…
banyak yang bilang, semester itu adalah semester “masa-masa memasuki kekelaman” and at first, I thought so.

Sebelum bener-bener masuk ke semester itu, satu tawaran dari seorang dosen tercinta, yaitu fanny lesmana, untuk jadi asisten dosennya dia. Memang kita pada dasarnya udah deket. kita udah kenal kurang lebih 2 taun’an lah. Tapi, kedekakatan tidak berarti apapun (no nepotism), tetep semuanya dilihat dr kualitas (cieeh..hihihi…).
Bu fanny salah satu dosen fikom yang “bergerak” di bidang tulis menulis, alias jurnalistik. Nah, kalo dia minta aku buat jadi asdos nya, brarti….matakul yang harus di’asdos’in pasti nggak jauh-jauh dari dunia jurnalistik and tulis menulis.. sedangkan aq? Nulis bisa jadi salah satu “siksaan” tersendiri hahaha… bukan masalah cerewet ato gimana, tp aq emang lebih suka ngomong drpd tulis menulis (walaupun ngomong di depan umum juga bikin grogi hahaha..) yah kalian liat sendiri aja gimana blog ini dibuat.. tulisannya juga g bagus2 banget.. update-nya juga jaraaaannggg sekallii hehehe…

Aq waktu PRS, aku Cuma ngliat daftar matakuliah..sambil mikir, apa tawaran asdos ditrima nggak ya… kdg ngrasa nggak mampu ngajar, trus juga takut kelabakan sendiri sama jadwal and tugas – tugas kuliahku.
Singkat cerita, dengan melalui proses berdoa yang sangat panjang…akhirnya.. I took that chance. I’m officially an assistant for basics to journalistic.

First meeting, it was strain. it got to my nerves. Aq cm bisa ngliatin “murid-murid” angkatan baru. Physically, most of them bigger than me hahaha.. banyak pikiran yang ada di kepala. Salah satunya, hal yang aku takutkan adalah aq g bisa jadi partner yang baik buat mereka.

Kesan pertama yang aku dapet tentang mereka adalah “berisik” hahaha…tapi ini nggak mengganggu kok.. I thought it was normal. Kayaknya siapapun juga kalo udah kumpul sama temen pasti ribut sendiri =)

Hari-hari berlalu, minggu-minggu bersama mereka juga lewat satu persatu. Kalo diukur dari capek, memang capek. Tapi kalo dari aku secara pribadi, ditanya dari segi semangat, aku seneng bisa bareng-bareng sama mereka. Aku mungkin nggak banyak kontak langsung sama mereka. Tapi buat aku, untuk ada di dalam kelas itu, ngeliat mereka belajar, jadi salah satu ajang buat aku sendiri nostalgia waktu aku semester satu hehehe.. dari segi tugas, juga nggak sedikit. Buat aku, bukan hal yang gampang untuk meriksa tugas mereka satu persatu. Apalagi kalo tugasnya tulisan tangan… astaga…… perlu kekuatan ekstra supaya bisa baca semua tulisan itu hahaha..

Kalo tugas yang ketik’an, emmang lebih enak bacanya, tapiii..printed assignments pastinya dari segi kuantitas lebih banyak dari tugas yang tulisan tangan..tugasnya tebel2 banget.. kalo dari segi repotnya, adalah…….
1. baca tugas yang dari tulisan tangan.. kadang tulisannya udah kayak simbol-simbol jaman purbakala yang nggak jelas itu apa bacanya hehe..
2. baca printed assignments, yang rata-rata more than 10 pages. Dibaca satu-satu, dilihat ejaannya, ketikkannya, dll.. maklum, matakul dasar jurnalistik, jadi banyak tulis menulisnya
3. bawa pulang tugas yang seabrek, fiuuhh…rasanya…mana bawaanku sendiri juga banyak. Belom lagi tanggung jawab mentalnya. Kalo sampe hilang 1 tugas, bisa jadi salahku kan?
4. jadwal aku ngajar, itu setelah 1 matakuliahku yang, menurutku bukan cukup berat, tapi memang berat. Jadi kadang pikiran udah habis di matakul pertama, trus mikir tugasnya, dll..
5. trus tentunya juga harus belajar materi yang bakal diajarin di kelas. Wah, pikiran udah nyabang-nyabang nggak karuan.

Tapi dibalik semua kerepotan itu, ada rasa seneng juga ^^.. ini kayak satu wadah buat aku bisa melayani temen-temen ku yang baru masuk kuliah ini. Kadang udah capek, tapi di kelas juga temen-temen ribut dan kadang tingkahnya rada ajaib, rasanya hati perlu kekuatan ekstra.. tapi rasa capek hati and fisik itu bisa diganti dengan rasa bahwa “aku punya kenalan baru, aku punya partner baru, aku seneng bisa bagi pengalaman sama mereka”.

Aku nggak tau apa yang mereka pikir tentang aku.. Aku nggak tau apa aku jadi “asdos yang g jelas and menyebalkan” buat mereka.. tapi dengan jumlah mereka yang segitu banyak, aku masih inget mereka.. yah walaupun nggak semuanya aq inget namanya.. maklum, 1 kelas isinya berapa puluh anak coba hihihi… in the deepest of my heart, I really care about them. I really do.. di akhir semester itu, pas KHS keluar, yang ada di pikranku adalah “temen2 ini gimana ya nilainya..khususnya matakul dasar jurnalistiknya? Sayang banget kalo IP nya jelek”.

Guys, Welcome to ilmu komunikasi..=) manfaatkan tahun-tahun awal kalian di kampus untuk mulai berprestasi..=) hope you read this guys.. it’s the only way I can share my feelings and tell my gratitude for all of you..

1 comment:

Xen said...

Wiiiih... Ga kebayang repotnya jadi Asdos...

Udah sibuk kuliah, ada maang, mesti ada panitia2, di tambah jadi asdos matkul Jurnalistik... Wowowowo...

Tapi salut aku semua itu bisa beres...^^

Dulu awal kita2 para MABA ini ngeliat Ce Acha sebagai asdos Bu Fanny, kita banyak yg "ngrasani", abis kok kayaknya sombong...

Tapi makin lama kumpul, makin hilang deh reputasi karangan kami itu...

Thank you udah jadi asdos yang baik dan gak pelit nilai... Kami sangat-sangat-sangat berterima kasih!!!

Btw, update blog-nya bukan main!! Berubah sedrastis-drastis-drastisnya!!! Kereeeen...

(^o^)v