Pages

Tuesday, June 1, 2010

Putaran Kedua Pacuan Kuda: Proses Bimbingan

Cerita sebelumnya:
Putaran Pertama Pacuan Kuda: Pemilihan Pembimbing


Setelah mudiknya diriku pada kedua pembimbingku, yaitu kak fan and MD, dimulailah maraton bimbingan kami.

Waktu bimbingan:
Bu fanny: tiap selasa pagi
MD: by appointment.

Tempat: mostly di kampus, tapi kalo ada bimbingan tambahan, misaaall di hari sabtu, maka bimbingan juga "ngungsi" ke mall. salah satu tempat nongkrong di mall pun jadi tempat proses bimbingan berlangsung. berbekal kertas bejibun, sama laptop. Bimbingan pun berlangsung di mall.

Bimbingan sekitar 1 minggu sekali, sama masing-masing pembimbing. Tiap kali aku bimbingan, itu bener-bener dari kantor, terus lanjut bimbingan ato sebaliknya. Jadi ke kantor dengan membawa setumpuk "huru-hara skripsi" dan ke kampus pun juga membawa "huru-hara kantor". sampe rumah, semua "huru-hara" itu numpuk. Hal yang ada di kepalaku: uooo.. jenuh aaah... tapi, ya sudah lakukan terbaik apa yang aku bisa.

Just trying to be honest, ada waktu-waktu di mana aku sampe nangis. Nangis karena rasanya terusss mikir, jenuh. Nangis karena "jengkel", karena temen lain cuma kerjain skripsi, terus bisa nongkrong, nonton, have fun. kalopun temen-temen ada revisi, bisa pagi ato siangnya di kerjain. kalo dalam duniaku, cuma ada kata-kata "kantor, kampus, trs malem garap skripsi", dan begitu seterusnya sampai hari-hari berikutnya.
belom lagi kalo udah pusing mikirin skripsi, masih juga ada tanggungan di kantor yang perlu di selesaikan. serasa kerutan di dahi semakin bertambah karena mikir, sementara berat badan terus berkurang. Tapi hal yang ada di kepala : Tetap kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan, karena tidak ada yang sia-sia. Kekuatan dari Tuhan yang menguatkan =) nggak lupa, support dr orang-orang sekitar, it really strengthen me up.

Cukup sudah cerita tentang keluh kesahnya.. lanjut lagi..

bab demi bab, lanjut terus ngerjainnya.. udah nggak ada pikiran "kira-kira kapan skripsi ini selesai?" yang ada di kepala cuma "yang penting kerjain aja.. kalo beres, ya maju ke bab berikutnya".

Puji Tuhan, bab 1, 2 ,3 cepet progressnya.
tanggal 11 Mei 2010, bab 1-3 sudah beres. sama dosen penbimbing, aku boleh lanjut ke bab 4 secepatnya. Pada hari yang sama, aku baru tau kalo ternyata pengumpulan skripsi ditunda, dari tanggal 17, jadi tanggal 24 Mei 2010. kalau dipikir-pikir, sekitar 2 minggu dr tanggal dimana bab 1-3 ku disetujui.

Jujur, aku udah nggak berpikir muluk-muluk kalau tanggal 24 bisa ngumpulin atau nggak. Soalnya dari awal juga udah di"vonis" sama Kak Fan n MD kalo aku baru bisa selesai sekitar semester depan tahap pertama. itu sekitar bulan September. Jadi secara mental, aku udah siap dengan kemungkinan baru bisa selesai semester depan. lagian kalau dipikir secara logika manusia, aku lhoo 2 minggu sebelum tgl 24 masih ada di bab 3, belum masuk ke bab 4 and 5.

sempat ada temen yang tanya "kamu ngumpulin ntar tanggal 24 Mei?"
aku cm senyum, and noleh ke kak fan "yaaah, nggak brani ngomong deh, yang penting kerjain apa yang bisa dilakukan"...

continued to: Putaran Ketiga Pacuan Kuda : The Time Is Running Out

No comments: