Pages

Tuesday, June 1, 2010

Putaran Pertama Pacuan Kuda: Pemilihan Pembimbing

Yak, hari-hari di mana aku dalam lingkaran skripsi and kerjaan, masih aku sebut dengan arena pacuan kuda. cerita ini, masih sambungan dari posting aku dalam pacuan kuda

Habis sidang proposal, begitu lulus, aku nunggu munculnya nama dosen pembimbing.
kalo diitung-itung sih, sekitar tanggal 8 atau 10 April mungkin seharusnya udah keluar nama dosen pembimbing.

Target pribadi:
awal April : muncul nama dosen pembimbing
Pertengahan April - awal Mei: bimbingan. yah lumayan lah, sekitar 1 bulan lebih.
17 Mei : Selesai & deadline pengumpulan skripsi.

Kenyataan:
Awal april: nama dosen pembimbing belom muncul
pertengahan-akhir april: baru muncul nama pembimbing
17 Mei: tetap menjadi tanggal deadline dan aku pasrah, nggak tau cukup ato nggak ini waktunya

Pertengahan april, waktu lagi di kantor, tiba-tiba HP bunyi... tanda message masuk.
Fanny Lesmana, salah satu dosenku, kasi' kabar siapa aja nama dosen pembimbingku, yaitu Fanny Lesmana and Desi Yoanita.
Ijinkan aku untuk jujur di blog ini, waktu itu pemikiran di kepala: "waduh, ini kan 2 dosen yang nyidang aq kemaren di sidang proposal".
aku pun bales message dg santai: oh baiklah kak, kapan kita mulai bimbingan?
Bu fanny: 'minggu depan hari Selasa pagi"
aku: "okay..."
sebagai info tambahan, yaaah.. memang aku and 2 dosen pembimbingku ini secara personal memang deket. makanya sampe muncul panggilan "kakak-adek" diantara kami.

Minggu depannya, tgl 21 April 2010, sekitar 3 minggu sebelum deadline skripsi:
dimulailah bimbingan perdana sama pembimbing 1, Fanny Lesmana. Dag Dig Dug penuh tanya, apa yang akan terjadi di bimbingan pertama ini.
seperti biasa, dimulai dengan perombakan bab 1 alias bab pendahuluan. setelah proses bimbingan sama pembimbing yang biasanya aku panggil "Kakak", aku pun tanya:
"kak, aku bimbingan sama MD (singkatan kami untuk Desi Yoanita) kapan? aku belom dapet balesan SMS hehe.."
kak fan: "ntar ya kakak tanyain ke dia"....lalu dia pun pergi keluar ruangan.
(15 menit berlalu)..
kak fan: "mmm.. dek, kakak baru ketemu MD dan ada beberapa hal yang kami lupa bilang".

Kak fan pun cerita kalau dia and MD tidak menyanggupi kalau harus meluluskan aku di semester ini, karena kak fan juga sibuk dengan thesis nya, yang puncak observasinya dilakukan di minggu - minggu akhir deadline skripsiku. Selain itu, kak fan juga masih ada tanggung jawab untuk mengajar di tempat lain. MD juga sdg menempuh studi S2, dan juga berbagai kesibukan sbg ketua jurusanku. jadiii..kalau mau selesai dalam semester ini, alias 3 minggu lagi deadline, silahkan cari dosen pembimbing lain.

Besoknya, aku ketemu sama Grace Swestin a.k.a Miss G, sebagai koordinator skripsi, tentang penggantian dosen pembimbing.
waktu tau tentang ada kemungkinan aku ganti dosen pembimbing, ada temen yang komentar, "wah, syang kalo kamu ganti dosen. soalnya waktu aku tau siapa dosen pembimbingku, aku cuma mikir kalo 2 dosenmu tuh udah 'kamu banget', udah klop".
Dari obrolanku n Miss G, aku ditawari beberapa nama sebagai pengganti... dan..pada akhirnya aku ambil pilihan yang lama, yaitu: aku tetap dibimbing sama Kak fan n MD, sekalipun aku nggak selesai skripsi semester ini. Which means, aku bakal sering ijin dari kantor untuk bimbingan, sampe semester depan..

Hai kak fan and MD, saya siap mengarungi skripsi bersama anda...=)
(to be continued to: Putaran Kedua Pacuan Kuda : Proses Bimbingan )

No comments: