Pages

Sunday, June 20, 2010

Putaran Kelima Pacuan Kuda: Sidang Skripsi

Cerita Sebelumnya: Putaran Keempat Pacuan Kuda : Sidang Mandiri
Yak..This is the day.. Inilah hari di mana 4 tahun kuliahku di Fakultas Ilmu Komunikasi – Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra akan aku pertanggung jawabkan. Hari di mana kerja kerassatu bulan ngerjain skripsi sambil kerja akan terjawab. Hari di mana aku sebagai kuda pacuan akan menyongsong garis finishku.
Selasa, 1 Juni 2010, jam 09.00 sidang skripsi atas nama Natasha Benita, NRP 51406001 pun diadakan. Intermezzo sedikit, aku suka sama waktu diadakannya sidang skripsiku. Kenapa?
Diadakan pada : tanggal 1 bulan 6
NRP ku adalah: 06 . 001 (514 adalah kode jurusan).
Tanggal lahirku: tanggal 6 bulan 1
Giliran maju: ke-1
Berbekal doa, iman, hikmat, dan kekuatan dari Tuhan, tibalah aku di kampus dengan kondisi yang siap. Pake Hem putih, celana kain hitam, bawa tas isinya buku-buku (just in case I will need it), plus tas laptop. Pake jam tangan warna tembaga, aku turun dari mobil and said to myself “okay, this is it!”.
Ada yang bilang hari – hari menuju sidang skripsi bakal tegang nggak karuan. Jujur, untuk orang yang gampang panik kayak aku, justru pikiranku relatif tenang. Sama sekali nggak ada kekuatiran walaupun kemarin waktu sidang mandiri, penelitianku dibilang “kosong”. Ini juga hasil dari berkoordinasi sama dosen pembimbing beberapa hari sebelum sidang skripsi. Karena itu, sekali lagi, aku bersyukur punya 2 pembimbing yang luar biasa, Fanny Lesmana, S.Sos., dan Desi Yoanita, S.Sos.
Okaaay..aku sudah tenang, giliran orang-orang sekitarku yang kayaknya “sibuk” menenangkanku. Dari tanggal 31 mei 2010, HPku buuunyyii terus.. isinya telepon and pesen yang mengamanatkan aku untuk tenang and rileks. Aku yang awalnya tenang, jadi malah bingung, ni yang bingung benernya siapa.. I’m doing great. Weell, tapi itu semua juga karena mereka sayang sama aku. Thx guys.. =)
Kembali lagi di hari H. Begitu sampai kampus, aku ke ruangan Miss desi (MD) dulu. Ngobrol..sama – sama menyiapkan diri. Jam 09.00, aku menuju ruang rapat dosen, karena di sanalah sidangku bakal dilaksanakan. Kemudian disusul MD and kak Fan (Fanny Lesmana, S.Sos, pembimbing 1 ku). Kita masuk dulu ke ruang siding, kita berdoa bertiga dulu, sambil menunggu dua dosen penguji untuk masuk. Kondisi jantung and pikiran ku saat itu: relatif stabil.
Tidak lama waktu berselang, masuklah ketua tim penguji. Disusul oleh dosen penguji kedua beberapa menit kemudian. Aku menjelaskan penelitianku, bab demi bab dengan penuh keyakinan. Kalo ditanya tegang, sebenernya sih lebih tegang waktu mau sidang mandiri n sidang seminar (proposal skripsi). Kenapa? Karena kalo sidang skripsi, aku sih ngerasa PD aja, karena aku tahu dosen pembimbingku ada di ruangan. Yaah, kurang lebih kayak ngerasa ada ¬back-up hehehe..
Selesai presentasi, dimulailah babak tanya jawab. Aheeey.. ini babak yang seru dalam presentasi skripsi. Dimulai pertanyaan dari ketua tim penguji. Dilanjutkan dengan pertanyaan dari penguji kedua. Satu catatan buat yang mau maju sidang skripsi: sidang skripsi nggak se-menyeramkan yang kita bayangin. Lebih kayak diskusi tentang penelitianmu, mengapa, bagaimana, kapan.. yah begitulah.
Selesai tanya jawab, aku dipersilahkan untuk keluar dulu dari ruangan sidang. Menunggu di luar, sambil para dosen merundingkan hasil sidangku. Aku keluar ruang sidang dan diserbu pertanyaan sama beberapa mahasiswa yang lagi nunggu giliran sidang, “gimana di dalem?”, “diuji siapa?”, “ditanyain apa?” dan jawabanku Cuma satu: santai ajaaaa..yang penting kita menguasai materinya.
10 menit kemudian, aku dianggil lagi masuk ruang sidang. Di sinilah hasil presentasi ku akan disebutkan jawabannya. Thx God, aku lulus. Ya, lulus..
Kenapa ditulisnya kayaknya datar? Bukan nggak bersyukur, Cuma rasanya kayak sudah habis tenaga untuk bisa bersorak bahagia. Hal yang ada di hati waktu itu bener-bener Cuma bisa nyebut : terima kasih Yesus, terima kasih Yesus. Nggak tau sampe berapa kali. Begitu keluar ruang sidang, hal yang ada di kepala Cuma :SUDAH SELESAI…..
Ucapan dan pelukan selamat dari temen – temen pun berdatangan. Fiuuuhh… kayak beban 4 tahun sudah terbayar……..
Terus, kalo sidang skripsi udah selesai..next nya apa?
To be continued to

Putaran (nyaris) Akhir

No comments: