Pages

Wednesday, June 2, 2010

Putaran Keempat Pacuan Kuda : Sidang Mandiri

Cerita Sebelumnya:
Putaran Ketiga : The Time Is (really) Running Out

Setelah skripsi berhasil terkumpul, bukan berarti langsung menuju ke sidang skripsi. masih ada beberapa syarat lagi di jurusanku untuk bisa sidang skripsi. Okay, akan aku Breakdown syaratnya:

1. Mengikuti Sidang Mandiri, sebagai Penyaji
2. Menjadi peserta sidang mandiri minimal 10 kali sepanjang semester pengajuan skripsi. Termasuk di dalamnya minimal 1 kali sebagai moderator bagi penyaji lain
3. Sebagai peserta, Mengajukan minimal 5 pertanyaan, dari keseluruhan sidang mandiri yang diikuti dalam 1 semester.
4. Saat menjadi penyaji, harus mengumpulkan minimal 10 peserta. Syarat sebagai peserta adalah mahasiswa yang sudah lulus seminar.
5. Saat menjadi penyaji, harus mendapatkan minimal 5 pertanyaan dari peserta.

pertanyaannya, apa itu sidang mandiri? sidang mandiri tuh kayak sidang praskripsi. jadi juga ada 2 dosen yang bakal tanya ke kita, sebagai penyaji, terkait skripsi yang udah kita buat. penguji sidang mandiri, dan penguji sidang skripsi nantinya bisa sama, bisa juga beda.

Berhubung aku dari awal nggak ada rencana untuk maju sidang semester ini, jadi di sidang-sidang mandiri sebelumnya, aku sama sekali nggak dateng. kesimpulannya, dalam waktu 3 hari diadakannya sidang mandiri tahap ini, aku harus dateng minimal di 10 sidang temen-temen. Yah memang banyak temen yang maju sidang mandiri juga di tahap ini, tapi kan dalam 1 kali sidang, bisa langsung 3 orang. nggak mungkin kan aku ada di 3 tempat sekaligus. Puji Tuhan, dalam waktu dua hari, 10 kehadiran ke sidang mandiri lain berhasil terpenuhi, bahkan lebih. aku minimal tanya 5 pertanyaan juga sudah terpenuhi, malah total aku tanya sekitar 7 kali.

Hari kedua penyelenggaraan sidang mandiri adalah giliranku maju, jam 12, hari kamis, tanggal 27 Mei 2010.
Puji Tuhan, peserta sidangku lebih dari 10. Pertanyaan demi pertanyaan pun diajukan, baik dari dosen maupun dari peserta.

Begitu panjang proses sidang mandiri, singkat cerita aku keluar sidang mandiri sambil melongo. Kenapa? pernyataan dan pertanyaan dari dosen penguji sidang mandiri membuat down. intinya adalah penelitianku ini sepertinya..."kosong". nggak ada isinya.. Tapi ya udah, toh skripsiku udah terkumpul, beberapa hari lagi juga sidang skripsi.

Berkonsultasilah aku sama dua dosen pembimbingku, tentang masukan dan pertanyaan dari penguji sidang mandiri. Puji Tuhan dan Terima Kasih Tuhan aku punya 2 dosen pembimbing yang selalu bisa menenangkanku. Kita diskusi, menyiapkan "formula" supaya aku siap untuk sidang skripsi minggu depan.

Final Presentation, here i come...

to be continued...

No comments: